Senin, 14 Juli 2008

Sulawesi Selatan | Indonesia | Kabupaten Luwu Timur

Sulawesi Selatan | Indonesia | Kabupaten Luwu Timur

Sumber Dari: Wikipedia Indonesia, dan official Website Pemprov Sulawesi Selatan

Selamat Pagi Blogger,
Hari ini, Pariwisata 10 akan membicarakan pada para Blogger tentang Kabupaten Luwu Timur dibentuk berdasarkan UU Nomor 7 tahun 2003 merupakan pemekaran dari Kabupaten Luwu Utara yang memiliki potensi tempat-tempat wisata yang indah dan menjanjikan dengan kondisi geografis dalam kawasan pegunungan dan hutan lindung menjadi anugerah tersendiri bagi Pemerintah Daerah dalam membangun daerah ini. Dana awal yang membiayai kegiatan operasional untuk membenahi pengembangan dan pembangunan Luwu Timur hanya Rp 500 juta yang bersumber dari Pemerintah Propinsi dan diserahkan langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan H.M. Amin Syam. Luas wilayah Kabupaten Luwu 3.247,77 Km2 (sebelum Palopo menjadi kota otonom) dengan jarak tempuh dari Kota Makassar sepanjang 367 Km.
Kabupaten Luwu Timur tidak hanya kaya dengan potensi dengan komoditas pertanian dan pertambangannya. Daerah yang baru dimekarkan dari Luwu Utara itu juga memiliki potensi tempat-tempat wisata yang indah dan menjanjikan, tak hanya wisata budaya tapi juga wisata alam yang belakangan ini menjadi incaran wisatawan-wisatawan asing. Kondisi geografis luwu timur dengan jumlah kawasan pegunungan dan hutan lindung menjadi anugrah tersendiri bagi pemerintah di daerah ini untuk mengembangkan sector wisata.

Kabupaten Luwu Timur adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kabupaten ini berasal dari pemekaran Kabupaten Luwu Utara yang disahkan dengan UU Nomor 7 Tahun 2003 tanggal 25 Februari 2003. Malili adalah ibu kota dari Kabupaten Luwu Timur, yang terletak di ujung utara Teluk Bone. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 6.944,98 km2. Di kabupaten ini terletak Sorowako, tambang nikel yang dikelola oleh INCO, sebuah perusahaan Kanada.

Sekian dari Pariwisata 10, terimakasih

Tidak ada komentar: