Minggu, 13 Juli 2008

Sulawesi Selatan | Sulawesi | Indonesia | Kabupaten Luwu

Sulawesi Selatan | Sulawesi | Indonesia | Kabupaten Luwu

Sumber Dari: Wikipedia Indonesia, dan official Website Pemprov Sulawesi Selatan
Selamat Pagi Blogger,
Setelah Menjalani weekend yang melelahkan, hari ini pariwisata10 akan mengajak para blogger untuk mengenal lebih dekat dengan kabupaten Luwu

Kabupaten Luwu adalah sebuah kabupaten di Sulawesi Selatan yang dalam kurun waktu tiga tahun dimekarkan menjadi tiga daerah strategis, yaitu Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Utara yang kemudian dimekarkan lagi menjadi Kabupaten Luwu Timur dan Kota Palopo. Pemekaran ini turut menjadikan Kota Palopo selaku perintahan otonom kota Palopo. Luas wilayah Kabupaten Luwu 3.098,97 km², sebelum Palopo menjadi kota otonom dengan jarak tempuh dari Kota Makassar lebih dari 367 km.

Pemekaran kabupaten Luwu yang kemudian melahirkan kabupaten Luwu Utara dan kota otonom Palopo dibawah kepemimpinan Bupati Luwu Dr. Kamrul Kasim yang menjabat Bupati Luwu dari tahun 1999 sampai tahun 2003.

Kabupaten Luwu mulai berangsur-angsur memindahkan pusat pemerintahan dari kota Palopo ke kota Belopa, suatu kecamatan di sebelah Selatan, pinggir jalanan poros Palopo-Makassar sejak tahun 2002, tetapi Belopa resmi menjadi ibu kota sejak 13 Februari 2006. Sekarang Luwu dipimpin oleh Bupati H.M. Basmin Mattayang.

Dimasa mendatang Palopo diharapkan menjadi pusat perdagangan di Kawasan Timur Indonesia melalui pelabuhan Tanjung Ringgit. Namun sementara ini Tanjung Ringgit belum bisa berfungsi secara optimal, pasalnya selama ini jalur ekspor impor hasil pertanian, perkebunan, perikanan dan industri Luwu sebagian besar melalui pelabuhan di Makassar.

Secara geografi Kabupaten Luwu terletak pada koordinat antara
2o 3’ 45” sampai 3o 37’ 30” Lintang Selatan dan
119o 15” sampai 121o 43’ 11” Bujur Timur.

Batas-batas Wilayah
- Sebelah Utara : Kabupaten Luwu Utara dan Kab Tator
- Sebelah Selatan : Kabupaten Bone dan Wajo
- Sebelah Timur : Teluk Bone dan Propinsi Sultra
- Sebelah Barat : Kabupaten Tator, Enrekang, Sidrap dan Wajo

Sekian dari Pariwisata 10, kita lanjutkan besok, dengan Kota Soppeng, Sinjai, atau daerah-daerah lain di Indonesia, terimakasih.

Tidak ada komentar: